Selasa, 22 Desember 2009

RUBIK - Apa Sih ????

RUBIK?

KUBIK kali!!!!

Enggak, bener kok RUBIK. pernah lihat mainan puzzle yang berbentuk kubus kotak-kotak warna warni yang bikin pusing? yang kaya gini nih.



dah tahu kan?

Mainan asah otak ini ditemukan oleh Erno Rubik seorang yang dulunya adalah dosen di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest, Hungaria, dia menemukan mainan ini sekitar tahun 1974. Rubik adalah seorang perancang dan penemu yang sangat tertarik dengan bentuk geometry 3D. Dia bikin model untuk menyuarakan idenya tentang bentuk dan struktur. kreatif yak!

Awalnya Rubik merancang 3x3x3 kubus fleksibel, tapi merasa desainnya itu masih kurang pakem. Suatu hari di musim panas, saat Rubik sedang santai di pinggiran sungai Danube, Rubik melihat batu-batuan di pinggir kali yang berbentuk bulat karena dibentuk oleh air. Bentuk dari bebatuan ini mengilhaminya pada sebuah kesimpulan. Akhirnya Rubik merancang sebuah bentuk-bulat untuk interior dalem dari kubus mainan itu. Nggak lama setelah mengembangkan prototype, Rubik kemudian mematenkannya. Dan ini butuh beberapa tahun persiapan untuk prototype produksi massal, akhirnya di tahun 1977 mainan Rubik pertama di jual di toko mainan di Budapest.

Karena Hungaria waktu itu masih terisolasi tirai besi di akhir tahun 70'an, pasar mulai bergerak naik. Atas usaha dua orang Hungaria yang tinggal di luar negeri yang membawa mainan ini ke Negeri barat, lama setelah mainan ini mewabah di Budapest. Seorang pekerja Hungaria yang bekerja di Wina, "menemukan" mainan ini waktu sedang dinas di Budapest dan berusaha menemukan makelar mainan di Jerman. Akhirnya dia malah bertemu dengan Tom Kremer, penemu mainan yang terlahir di Hungarian yang berkantor di London. Dua orang ini akhirnya membikin rencana pemasaran dan akhirnya mendapatkan persetujuan dari salah satu eksekutif perusahaan mainan yang langsung memesan 1 juta biji! Mainan Rubik langsung mendunia. Penjualan meroket di tahun 1980, dan di tahun 1982 "Mainan Rubik" malah jadi kata-kata tersendiri yang masuk dalam kamus the Oxford.

Ck Ck Ck. yang namanya kreatifitas tu memang mahal harganya . . . .

ini contoh Rubik yang udah selesai di utak-utik.



Bagi yang masih main rubik sejak dulu tapi ga bisa-bisa nyelesaiinnya ampe sekarang, so you have to check this sites!!!!!!

www.puzzzlesolver.com
www.youcandothecube.com
www.rubiks.com
virkill.com

met utak-utik.(^^)

Tidak ada komentar: